in Jurnalisme

Day 5: Charlie Hebdo

Peristiwa Charlie Hebdo bukanlah yang pertama dimana kelompok bersenjata islamis menyerang musuh-musuh mereka dengan brutal. Sepuluh staff dan 2 polisi terbunuh dalam serangan yang dilakukan dua orang.

_80118290_jesuischarlie

Ada banyak orang yang menganggap relasi penembak dan komikus tidak hitam putih antara pelaku dan korban, ada relasi lebih rumit yang dijelaskan dengan berbagai sudut. Beberapa renungan  layak baca di Poynter dan Rusdi Matari.

Namun bagaimana Islam sendiri soal satire? Banyak cerita soal ejekan dan satire. Beberapa riwayat bahwa Nabi Muhammad tidak melakukan pembalasan ketika diejek, dihina bahkan terancam terbunuh. Sang Nabi keluar dari situasi dengan anggun dan tak terduga.

Tapi jika kita buka Al Quran ternyata juga penuh dengan ejekan yang mengolok-olok musuh. Salah satunya adalah surah Al Lahab atau juga dikenal dengan Al Massad.

Dalam tiga surah terakhir Al Quran mengejek-ejek betapa hina dan sekaratnya Abu Lahab dan istrinya. Mereka tidak hanya akan binasa tapi akan terpanggang api neraka dan saling membakar.

Jika digambarkan dengan kartun, surah ini akan mengambarkan suami istri yang terikat sabuk api dileher, lalu sang istri membawa tumpukan kayu untuk membakar suami. Saya pikir bukan sesuatu yang akan diterima dengan lapang dada oleh pada penguasa Quraish.

Beberapa kartun yang dianggap menghina bisa dilihat di HuffPost

Note: ini merupakan bagian ke 5 dari tantangan menulis tiap hari di tahun 2015. Dengan hari ke 3 yang berakhir galau dan gagal menulis di hari ke 4. 

 

 

 

Apa suara anda?

Comment