in Web Design

Medium Baru

Website telah menjadi medium penyebaran informasi paling efektif, disamping teknologi bersaudara : Email. Dari bentuknya paling sederhana yaitu text yang saling terhubung, website saat ini punya perkembangan yang menarik untuk dicermati.

Screen Shot 2014-09-02 at 5.33.38 PM

What the Fact?

Untuk sebuah website kampanye atau product knowledge kita harus selektif dalam memberikan fakta kepada pembaca. Manakah informasi yang sekedar menjadi knowledge bagi pembaca dan manakah informasi yang bisa mengubah keputusan? Tempatkan fakta yang tepat pada presentasi/web

Screen Shot 2014-09-02 at 5.40.05 PM

Mobile First

Makin banyak orang membuka dan mengkonsumsi internet melalui perangkat mobile atau tablet. Karena itu pembuatan website tidak lagi berpikir di optimalkan untuk mobile, tetapi buat dari awal website di design, dibangun dan ditest untuk perangkat mobile, lalu merangkak ke tablet dan desktop.

Why? karena segala sesuatu yang lancar dibuka dari perangkat mobile, sewajarnya akan terbuka dengan baik di tablet dan desktop.

more: http://foundation.zurb.com/, http://www.sitepoint.com/beyond-bootstrap-foundation-frameworks-never-heard/

 

Screen Shot 2014-09-02 at 5.29.45 PM Rich Media

Video dan Suara punya peran penting membawa emosi pembaca, disamping tulisan dan foto. Penggunaan video dan suara kini bisa dibuat menyatu dengan website melalui hmtl5 + javascript. Berbeda dengan FLASH yang memerlukan plugins dan interaksi terbatas, html5 mendukung handset macam iphone dan android.

Screen Shot 2014-09-02 at 5.27.09 PM

User Experience

Ngapain punya web keren, informasi bagus tapi sulit digunakan oleh pengguna (awam)? membuat website yang baik bak kerja wartawan, menyajikan informasi yang penting namun mudah dicerna oleh setiap kalangan. Tak hanya mudah dicerna, pembaca juga harus dengan cepat mencari informasi terkait, artikel terhubung dan mengkontak anda.

Screen Shot 2014-09-02 at 5.24.41 PM

Keep It Simple S*****

Jika bisa mudah, mengapa sulit? jika bisa sederhana mengapa rumit. Jika hanya perlu satu halaman mengapa banyak?

Saat ini dengan kemampuan rich media (foto, video, suara) dan interaksi antara pembaca dan website, sebuah informasi bisa disampaikan, bahkan hanya dengan satu halaman. Pembaca cukup membaca dan menikmati dari awal hingga akhir untuk menangkap pesan dan kesan yang kita inginkan.

Screen Shot 2014-09-02 at 5.42.33 PM

others :

http://dataveyes.com/#!/en

http://www.soleilnoir.net/dreamon/#/everywhere

Apa suara anda?

Comment